TOEFL, IELTS, TOEIC

TOEFL (TEST OF ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE)


TOEFL kependekan dari Test of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat. 
TOEFL adalah tes Bahasa Inggris yang ditujukan untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang untuk belajar dan bekerja di luar negeri; menunjukan kesiapan akademik seseorang; juga dirancang untuk menjadi standard objektif dan tidak memihak sehingga siswa dapat membandingkan kemampuannya dengan adil.  
Tes TOEFL ini diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada yang kemudian juga bagi mahasiswa yang mendaftar ke universitas Eropa dan Australia. Tes ini program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3).
Secara umum tes ini untuk menilai:
1. Mahasiswa mempunyai kemampuan menulis dan tatabahasa dalam Bahasa Inggris agar mampu membuat tulisan ilmiah. 
2. Mahasiswa mempunyai kemampuan membaca Bahasa Inggris dengan baik dan benar agar nantinya bisa memahami buku-buku textbook yang diwajibkan. 
3. Mahasiswa mempunyai kemampuan mendengarkan dengan baik dan benar mengenai uraian yang diberikan dosen dalam bahasa Inggris.
Umumnya tes ini memakan waktu sekitar 3 jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu grammar structure and written expression, listening comprehension, reading comprehension, writing. 
Tes TOEFL terdiri dari 3 jenis, yaitu :
1. PBT (Paper Base)Paper Base  TOEFL adalah tes TOEFL yang masih menggunakan kertas dan pensil/bulpoin. Metode ini sering digunakan ketika penggunaan komputer dan internet belum terlalu marak. Pun jika sekarang masih digunakan, hanya karena beberapa kondisi tertentu. Pertama sebagai latihan saja. Kedua karena tempat pelaksanaan tes masih minim komputer dan jaringan internet. Nilai hasil ujian TOEFL berkisar antara 310 - 677 untuk versi PBT.
2. CBT (Computer Base)Computer Base  TOEFL adalah metode pelaksanaan TOEFL generasi ke dua. Metode ini tidak lagi menggunakan kertas sebagai media, tapi sudah langsung menggunakan komputer. Software sudah terinstal dan peserta tes hanya perlu mengaksesnya. Walaupun sudah dirilis sejak tahun 1998, Computer Base TOEFL masih jarang digunakan di Indonesia. Sebagian besar pelaksanaan  TOEFL di Negara ini masih menggunakan paper base.  Hasil ujian TOEFL versi CBT mempunyai nilai berkisar antara 0 sampai 300.
3. IBT (Internet Base )TOEFL IBT banyak dikenal sebagai NG-TOEFL (Next Generation) TOEFL. System ini adalah system terbaru  TOEFL yang dikeluarkan oleh ETS pada tahun 2005. Namun, TOEFL IBT baru diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2006. Metode yang digunakan mirip dengan CBT-TOEFL. Peserta akan menjawab soal dalam sebuah komputer. Hanya saja, bedanya adalah, komputer yang digunakan terhubung langsung dengan internet. Sehingga, jawaban dari peserta secara langsung akan tersimpan di database ETS. Sekarang, TOEFL IBT adalah standar baru Test TOEFL yang diakui dunia. TOEFL berbasis internet (iBT) mengujikan 4 bagian:
  • Listening
  • Reading
  • Speaking
  • Writing
Nilai untuk iBT adalah dari 0 sampai 120.
Hasil ujian TOEFL dapat digunakan untuk mendaftarkan diri untuk kuliah atau program beasiswa. Namun, hasil ini hanya dapat digunakan selama 2 tahun saja. Jika lebih, maka tidak berlaku lagi. 


IELTS (INTERNATIONAL ENGLISH LANGUAGE TESTING SYSTEM)

IELTS merupakan singkatan dari International English Language Testing System. IELTS adalah tes internasional dalam kemampuan bahasa inggris yang diselenggarakan oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Educational Australia. IELTS didirikan pada tahun 1989. 
Ada dua versi dari IELTS, yaitu:
- Versi Academic ditujukan bagi mereka yang ingin mendaftar di universitas dan lembaga pendidikan tinggi lainnya dan bagi para profesional seperti dokter dan perawat yang ingin belajar atau praktek di negara berbahasa Inggris.
- Pelatihan Versi General/Umum ditujukan bagi mereka berencana untuk melakukan pelatihan non-akademis atau untuk mendapatkan pengalaman kerja, atau untuk tujuan imigrasi.
Skor IELTS digunakan sebagai syarat pendaftaran sekolah di UK, New Zealand dan Australia. IELTS juga menggunakan Bahasa Inggris British. Meskipun terlihat sedikit mirip dengan American English. British English memiliki beberapa idiom, ejaan dan logat yang berbeda.  Seluruh jawaban soal IELTS ditulis tangan, kecuali pada bagian conversation. Penguji yang akan memberikan nilai langsung nantinya.
 Tes IELTS terbagi menjadi 4 bagian materi, yaitu :
  • Listening (30 menit )
  • Reading (1 jam)
  • Writing (1 jam)
  • Speaking (12-15 menit).
Secara keseluruhan, untuk mengikuti tes IELTS membutuhkan waktu sekitar 3 jam. IELTS biasanya digunakan untuk mengurus visa luar negeri, study, pindah kewarganegaraan, dsb. Nilai IELTS dihitung mulai 1-9. Jika digunakan untuk keperluan belajar, maka nilai IELTS yang dibutuhkan adalah 5.5 keatas. Skor akhir yang dikeluarkan untuk IELTS adalah rentang 0 hingga 9. 

TOEIC (TEST OF ENGLISH FOR INTERNATIONAL COMMUNICATION)

TOEIC adalah singkatan dari Test of English for International CommunicationTes TOEIC adalah sebuah tes untuk menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris di dunia kerja atau ambil bagian dalam globalisasi. TOEIC lebih spesifik untuk orientasi pekerjaan, jadi jika Anda ingin bekerja di luar negeri, maka Anda harus memiliki sertifikat TOEIC. 
TOEIC yang dikembangkan pada tahun 1979, ditujukan untuk mengukur kemahiran seseorang dalam bahasa Inggris pada level intermediate (menengah) dan advance (lanjutan). TOEIC adalah sebuah standarisasi kemampuan bahasa Inggris di tempat kerja di seluruh dunia. TOEIC tidak melakukan tes khusus  Tujuan dari TOEIC lebih bervariasi dari test-test lainnya. 
TOEIC digunakan untuk 3 kegunaan, yaitu :
  • Corporate-Perusahaan : untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris karyawan, syarat kenaikan jabatan dan syarat prekrutan 
  • Sekolah : Untuk mengukur standart kemampuan Bahasa Inggris siswa, sehingga guru dapat memberikan pelajaran yang sesuai
  • Instansi Pemerintah : Untuk merancang program pelatihan bagi karyawan, perekrutan dan promosi karyawan 
Tes TOEIC juga diadakan oleh ETS. Skor untuk test TOEIC ini berkisar antara 10-990, sementara untuk bekerja di luar negeri biasanya disyaratkan skor minimal sebesar 450 atau lebih. Tesnya sendiri berdurasi 2 jam dan terdiri dari pertanyaan pilihan ganda, listening comprehension, dan reading comprehension.  
TOEIC terdiri dari : 
1. Pilihan ganda terdiri dari 200 pertanyaan
2. Soal dikerjakan dalam 2 jamSkor TOEIC dimulai dari angka 400 hingga 990.  
3. Ada enam level dalam TOEIC, yaitu :
    • Level 0/0+ Novice (skor 10-250)
    • Level 1 Elementary (skor 255-400)
    • Level 1+ Intermediate (skor 405-600)
    • Level 2 Basic Working Proficiency (skor 605-780)
    • Level 2+ Advance Working Profiency ( skor 785-900)
    • Level 3/3+ General Professional Proficiency (skor 905-990). 
4. TOEIC memiliki dua macam tes yaitu tes reading dan listening dengan rentang skor 10-990. 

SUMBER

https://blog.ruangguru.com/perbedaan-toefl-ielts-dan-toeic
https://www.vistaeducation.com/news/v/all/perbedaan-test-toefl-toeic-ielts-gre-dan-gmat
https://ruangmahasiswa.com/info/perbedaan-toefl-ielts-toeic-dan-kegunaannya/
https://jasa-translate.com/apa-perbedaan-toefl-toeic-dan-ielts/
https://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/toefl-bahasa-inggris.aspx
https://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/apa-itu-ielts.aspx
https://www.vistaeducation.com/news/v/all/apa-itu-tes-toeic

Komentar

Postingan Populer