Program Berbasis Blok (Block Based Programming)




The MIT Media lab memperkenalkan konsep Program Berbasis Blok. Dipopulerkan oleh tools seperti Scratch, Alice, dan Code.org's Hour of Code. Banyak programming environments and initiatives baru menggunakan modality berbasis blok.



Program berbasis blok mengembangkan sebuah interface yg mengizinkan program-program computer dibangun hanya dengan seret dan menjatuhkan kepingan blok-blok untuk gambaran pendirian programming rumit dan commands nya. Penelitian melihat program berbasis blok mengungkapkan tentang hal-hal modality: penggambaran menggunakan konsep programming saat ini mempengaruhi pemahaman conceptual para pelajar, latihan programming, dan persepsi pada programming dan ilmu komputer. Tiga designed blocks-based programming environments yaitu Greenfoot, GP, dan Pencil Code. 
Pendekatan ini menurunkan halangan untuk bereksperimen dengan pemikiran programmatic, memungkinkan murid membuat animasi-animasi interaktif dan permainan kecil tanpa menuliskan satupun kode. Konsep simpel ini menghilangkan kebutuhan belajar sintaks dari formal programming language, dan membuat pengajaran dan pembelajaran basic dari ilmu komputer mudah diakses oleh pelajar muda dan kepada guru-guru tanpa latar belakang formal coding.







SUMBER
http://www.greenbushlabs.com/LabsBlog/?p=2116
http://twistedsquare.com/BlocksFuture.pdf
https://www.fractuslearning.com/2016/02/15/teaching-kids-code-text-based-vs-block-based/
https://academiccomputing.wordpress.com/2013/04/12/what-programming-language-should-i-teach-with/

Komentar

Postingan Populer