PENGANTAR ANIMASI DESAIN GRAFIS (TUGAS 1)

Pengertian Desain Grafis
       Desain grafis berasal dari kata Desain dan Grafis. Desain adalah proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. 

       Pengertian Desain Grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual. 

       Secara singkat, desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.  

       Perancang grafis atau sering disebut dengan Desainer grafis (Graphic Designer) adalah profesi yang menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion. Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk penerbit, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk.

Batasan Media
       Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Seiring dengan berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

       Sehingga batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.

Konsep & Unsur Desain
       Unsur-unsur desain grafis :
1) Garis (Line) merupakan unsur dasar dalam sebuah bentuk desain. Unsur garis adalah unsur yang merupakan titik/poin yang saling terhubung dengan titik/poin lainnya yang akan membentuk sebuah bentukan gambar garis seperti garis lurus, lengkung, zigzag, tidak beraturan, horizontal, vertikal, diagonal.  

2) Bentuk (Shape) adalah sebuah bentukan yang memiliki bentuk seperti lingkaran (circle), kotak (rectangle), segitiga (triangle) ataupun bentuk lain yang memiliki diameter tinggi dan lebar. 

3) Tekstur (Texture) merupakan tampilan dari sebuah gambar (desain) yang pada visualisasi permukaannya memiliki suatu bentuk, corak dan pola yang bisa dilihat dan dicermati oleh mata bahwa permukaan gambar tersebut terlihat halus, kasar, lembut.  

4) Space adalah ruang atau jarak antara elemen-elemen yang terdapat pada desain grafis.  

5) Ukuran (Size) adalah unsur yang sangat penting dalam desain grafis. Ukuran dalam hal ini adalah panjang dan pendek, tinggi dan rendah, serta besar dan kecilnya sebuah objek.  

6) Warna (Color) adalah unsur yang sangat kompleks untuk diperhatikan. Pemilihan warna menentukan arah dan tujuan sebuah desain grafis, karena warna mewakili visual yang bisa dinilai oleh mata.  

7) Value merupakan unsur yang menentukan sebuah desain menjadi lebih indah dipandang mata atau tidak. Value tersebut adalah gelap terangnya warna sebuah objek, background (latar), atau teks. Sebuah warna yang akan diterangkan dapat menghasilkan warna yang lebih muda, sebaliknya sebuah warna yang akan digelapkan dapat menghasilkan warna tua. 
Prinsip-prinsip dan unsur desain grafis :
1. Keseimbangan (balance)
2. Ritme (rhythm)
3. Tekanan (emphasis)
4. Proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity)


Software yang mendukung desain grafis

1. Desktop publishing
2. Adobe Photoshop
3. Adobe Illustrator
4. Adobe Indesign
5. Coreldraw
6. GIMP
7. Inkscape
8. Macromedia Freehand
9. Adobe image ready
10. CorelDraw
11. Adobe Page Maker
12. Paint Tool SAI

Webdesign :
1. Adobe Dreamweaver
2. Microsoft Frontpage
3. Notepad
4. Adobe Photoshop
5. Macromedia firework

Audiovisual :
1. Adobe After Effect
2. Adobe Premier
3. Final Cut
4. Adobe Flash
5. Ulead Video Studio
6. Magic Movie Edit Pro
7. Power Director

Rendering 3D :
1. 3D StudioMax
2. Cinema 4d
3. Maya
4. AutoCad
5. Google SketchUp
6. Light Wave
7. Blender
8. Softimage


DAFTAR PUSTAKA

Komentar

Postingan Populer