Pengantar Teknologi Sistem Cerdas ( Tugas 1)

PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS


I. Pengertian Teknologi Sistem Cerdas
Sistem Cerdas adalah suatu pendekatan yang muncul untuk komputasi paralel yang memiliki kemampuan seperti pemikiran manusia untuk memberi alasan, mempelajari ketidakpastian dan ketidaktepatan lingkungan (Lotfi A. Zadeh, 1992) 
II. Pengertian Artificial Intelligence (AI)/Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan adalah ilmu yang mempelajari cara membuat komputer melakukan sesuatu seperti yang dilakukan manusia (Minsky, 1989). 
H. A. Simon [1987] : Kecerdasan buatan merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas.
Rich and Knight [1991] : Kecerdasan buatan sebagai sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan manusia.
Ensiklopedi Britannica : Kecerdasan buatan sebagai cabang ilmu dari ilmu komputer yang merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau berdasarkan dengan sejumlah aturan. 
 sumber here

III. Perbedaan Kecerdasan Buatan dan Alami
Kecerdasan buatan :
  •  Lebih Permanen
  • Memberikan kemudahan dalam duplikasi dan penyebaran
  •  Lebih murah dari kecerdasan alami 
  • Konsisten dan teliti 
  • Dapat dikomentasikan
  • Dapat mengerjakan beberapa task lebih cepat dan lebih baik dibanding manusia
 Kecerdasan alami :
  •  Lebih kreatif
  • Dapat melakukan proses pembelajaran secara langsung, sementara AI harus mendapatkan masukan berupa simbol dan representasi 
  • Menggunakan fokus yang luas untuk pengambilan keputusan, sementara AI menggunakan fokus yang sempit 
sumber here

IV. Sejarah Kecerdasan Buatan
Beberapa program AI yang mulai dibuat pada tahun 1956-1966 :
1. Logic Theorist, diperkenalkan pada Darthmouth Conferense program ini dapat membuktikan teorema-teorema matematika.
2.   Sad Sam, diprogram oleh Robert K. Lindsay (1960). Program ini dapat mengetahui kalimat-kalimat sederhana yang ditulis dalam bahasa Inggris dan mampu memberikan jawaban dari fakta-fakta yang didengarkan dalam sebuah percakapan.
3.   ELIZA, diprogram oleh Joseph Weinzenbaum (1967). Sebuah ProgramChatterbot ini mampu melakukan terapi terhadap pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan psikoterapi.
4.    Program AI pertama yang bekerja menjalankan mesin Ferranti Mark di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey
5.         Program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz.

McMulloh dan Pitts pada tahun 1943 mengusulkan model matematis bernama perceptron dari neuron di dalam  otak.  Mereka juga menunjukkan  bagaimana neuron menjadi aktif seperti saklar on-off dan neuron tersebut mampu untuk belajar dan memberikan aksi berbeda terhadap waktu dari input yang diberikan.  Sumbangan terbesar di bidang AI diawali pada paper Alan Turing, pada tahun 1950 yang mencoba menjawab  “Dapatkah computer berfikir” dengan menciptakan mesin Turing.  Paper Alan Turing pada tahun 1950 berjudul “Computing Machineri and Intelligence” mendiskusikan syarat sebuah mesin dianggap cerdas. Dia beranggapan bahwa jika mesin dapat dengan sukses berprilaku seperti manusia, kita dapat menganggapnya cerdas. 
Pada akhir 1955, Newell dan Simon mengembangkan  The Logic Theorist, program AI pertama. Program ini merepresentasikan  masalah sebagai model pohon, lalu penyelesaiannya dengan  memilih cabang yang akan menghasilkan kesimpulan terbenar. Program ini berdampak besar dan menjadi batu loncatan penting dalam mengembangkan bidang AI. Pada tahun 1956 John McCarthy dari  Massacuhetts Institute of Technology dianggap sebagai bapak AI, menyelenggarakan konferensi untuk menarik para ahli komputer bertemu, dengan  nama kegiatan “The Dartmouth summer research project on artificial intelligence.”   Konferensi Dartmouth itu mempertemukan para pendiri dalam AI, dan bertugas untuk meletakkan dasar bagi masa depan  pemgembangan dan penelitian AI.  John McCarthy  di saat itu mengusulkan definisi AI adalah “ AI merupakan cabang dari ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan komputer untuk dapat memiliki kemampuan dan  berprilaku  seperti manusia” 
Pada  tahun 1960 hingga 1970, muncul berbagai dikusi bagaimana komputer dapat meniru sedetail mungkin pada kemampuan otak manusia, dimana saat itu dapat dikategorikan sebagai “classical AI”. Pada tahun 1980, dimana computer yang semakin mudah diperoleh dengan harga yang lebih murah menjadikan berbagai riset di bidang kecerdasan buatan berkembang sangat pesat pada berbagai universitas. 
sumber here

V. Contoh Teknologi Sistem Cerdas
Auto pilot yang ada di dalam sebuah pesawat. Autopilot atau pilot otomatis adalah perangkat untuk mengontrol atau memandu pesawat terbang, pesawat ruang angkasa, kapal, misil (peluru kendali), atau kendaraan lain tanpa harus terus-menerus membutuhkan campur tangan manusia. Dalam dunia penerbangan, autopilot disebut dengan nama Automatic Flight Control System (AFCS). Perangkat AFCS adalah bagian dari avionic pesawat terbang, merupakan system elektronik yang digunakan untuk mengontrol sistem kunci dari pesawat dan penerbangan. Selain sistem kontrol penerbangan, avionik juga berfungsi dalam komunikasi elektronik, navigasi, dan untuk mengetahui keadaan cuaca pada lintasan penerbangan. Pada permainan games pada komputer pun merupakan salah satu contoh dari sistem cerdas.
sumber here
Beberapa contoh teknologi sistem cerdas yang lain : Smart Card, T-Cash, Google Now, Siri
VI. Kesimpulan
Sistem cerdas membantu serta memudahkan manusia untuk menyelesaikan masalah atau pekerjaan karena dengan memanfaatkan kecerdasan buatan ini dapat melakukan pekerjaan seperi manusia bahkan lebih baik dibanding manusia.

VII. DaftarPustaka

http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/2_Soft_Computing.pdf
http://ebook.repo.mercubuana-yogya.ac.id/Kuliah/materi_20131_doc/E_pendahuluan_sistem_cerdas.pdf
Kusrini. 2006. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi. https://books.google.co.id/books?id=MocuEV7C96YC&pg=PA3&dq=TEORI+KECERDASAN+BUATAN&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwi8gf3x_rbPAhWFmpQKHcmOA7kQ6AEIGjAA#v=onepage&q=TEORI%20KECERDASAN%20BUATAN&f=false
https://lppm.trigunadharma.ac.id/public/fileJurnal/hpOmJurnal%2012-2-2013%20Zulfian_7.pdf
http://entin.lecturer.pens.ac.id/Kecerdasan%20Buatan/Buku/Bab%201%20Pengenalan%20Kecerdasan%20Buatan.pdf
http://arisetiawati21.blogspot.co.id/2016/10/pengantar-teknologi-sistem-cerdas.html
http://salomoandi.blogspot.co.id/2017/01/pengantar-teknologi-sistem-cerdas.html
Dahri, Muhammad. 2008. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). Vol 5. Nomor 6. https://lppm.trigunadharma.ac.id/public/fileJurnal/160B2-OK-Jurnal9-MD-Kecerdasan%20Buatan.pdf
http://socs.binus.ac.id/2012/06/06/mengenal-kecerdasan-buatan-kini-dan-akan-datang/

Nama : Safira Nurjanah
NPM : 16115326
Kelas : 3KA03

Komentar

Postingan Populer