Pengembangan Organisasi dengan Dukungan ICT (Information and Communication Technology)

Pengembangan Organisasi dengan Dukungan ICT

Pengertian ICT
ICT (Information and Communication Technology) atau TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. SUMBER here

ICT mencakup dua aspek yaitu :
  • Teknologi informasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. 
  • Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.


Jadi, ICT mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.

Istilah ICT muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, ICT masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya. SUMBER here


Jaringan yang biasa digunakan adalah Local Area Network (LAN). LAN menghubungkan sejumlah hardware( input dan output perangkat komputer serta proses yang terjadi). Tujuan LAN adalah untuk berbagi fasilitas hardware seperti printer atau scanner serta software aplikasi yang ada. Jenis jaringan ini tak ternilai di lingkungan kantor dimana rekan – rekan harus memiliki akses ke data atau program umum. 

❀❀❀❀

Fungsi ICT
  • Meningkatkan kinerja perusahaan atau organisasi.
  • Mengatur dan mengelola informasi dengan lebih mudah.
  • Memonitor keuangan dengan akurat.
  • Memperluas jangkauan berbisnis atau berorganisasi.
  • Berkomunikasi dengan cara online.
  • Menghemat biaya operasi perusahaan.
SUMBER here

❀❀❀❀

Macam-macam perangkat ICT
1.   Cash Register
2. Kalkulator
3. Komputer
4. Laptop/Notebook
5. Deskbook
6. Personal Digital Assistant (PDA)
7. Kamus Elektronik
8. Kamera Digital, dll.

SUMBER here

Komponen-komponen ICT
Hardware
1. Input
- Keyboard, mouse, joystick, trackball, dll.
2. Processing
- CPU, motherboard, processor, RAM, harddisk, dll. 
 3. Output 
 - Printer, monitor, speaker, dll.
Software
1. Software Berbayar 
Perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya.  
 2. Freeware 
Perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). 
3. Free Software
Free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi.
4. Shareware
Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari). 
Brainware
Berdasarkan tingkat pemanfaatannya, brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan : 
1. System Analyst
2. Programmer 
3. Administrator
4. Operator 
SUMBER here


❀❀❀❀

Kelebihan ICT
  • Layanan yang lebih baik
Memudahkan bagi setiap orang untuk berkomunikasi dengan baik dengan menggunakan e-mail, telepon, situs web, dll.
  • Akses informasi yang lebih baik
Membantu mengumpulkan, mengolah dan melaporkan informasi kinerja untuk membantu menjalankan organisasi dengan baik.
  • Manajemen keuangan yang lebih baik
Perangkat lunak akuntansi dapat mencatat pendapatan dan pengeluaran; serta membantu menangani pajak. Hal ini sangat membantu terutama bagi perusahaan raksasa yang akan kesulitan melakukan pembukuan jika tidak ada ada ICT terutama perangkat lunak akuntansi.
  • Adminitrasi yang lebih terkontrol
Mengelola informasi dapat dilakukan dengan menggunakan file server. Adminitrasi yang lebih baik juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan mail merge untuk menghemat waktu saat mengirim sejumlah dokumen serta antar pegawai bisa menghemat kertas, tinta printer, dll untuk mentransfer informasi.
SUMBER here

❀❀❀❀

IT mendukung perusahaan/organisasi di level :
 Strategik
Relevan dengan target pencapaian jangka panjang dan bisnis secara keseluruhan
 Taktis
Diperlukan untuk mencapai rencana dan tujuan strategis dalam rangka melakukan perubahan menuju sukses
 Operasional


Proses dan aksi yang harus dilakukan sehari-hari untuk menjaga kinerja
SUMBER here

❀❀❀❀



ICT selama ini mungkin sudah kita gunakan, tapi ada beberapa hal yang sepertinya harus kita pertimbangkan berhubungan dengan cara ICT digunakan dan dikelola dalam suatu organisasi :

  • The Nature of Information; hal ini meliputi topik seperti makna dan nilai informasi; bagaimana informasi dikendalikan; keterbatasan ICT dan pertimbangan hukum.
  • Management of Information; hal ini mencakup bagaimana data diambil, diverivikasikan dan disimpan secara efektif untuk digunakan; pengolahan serta penyebaran informasi; menjaga supaya informasi aman; dan merancang jaringan untuk mencari informasi.
  • Information System Strategy; hal ini mempertimbangkan bagaimana ICT dapat digunakan dalam bisnis atau organisasi sebagai bagian dari pencapaian tujuan dan sasaran.
SUMBER here

 Ada 5 peranan mendasar teknologi informasi di sebuah organisasi :
1. Fungsi Operasional akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambil alih fungsinya oleh teknologi informasi. Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm infrastructure.
2. Fungsi Monitoring and Control mengandung arti bahwa keberadaan teknologi informasi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan aktivitas di level manajerial embedded di dalam setiap fungsi manajer, sehingga struktur organisasi unit terkait dengannya harus dapat memiliki span of control atau peer relationship yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif dengan para manajer di perusahaan terkait.
3. Fungsi Planning and Decision mengangkat teknologi informasi ke tataran peran yang lebih strategis lagi karena keberadaannya sebagai enabler dari rencana bisnis perusahaan dan merupakan sebuah knowledge generator bagi para pimpinan perusahaan yang dihadapkan pada realitas untuk mengambil sejumlah keputusan penting sehari-harinya. 
4. Fungsi Communication secara prinsip termasuk ke dalam firm infrastructuredalam era organisasi moderen dimana teknologi informasi ditempatkan posisinya sebagai sarana atau media individu perusahaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan berinteraksi.
5. Fungsi Interorganisational merupakan sebuah peranan yang cukup unik karena dipicu oleh semangat globalisasi yang memaksa perusahaan untuk melakukan kolaborasi atau menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan lain.
SUMBER here

SUMBER





Komentar

Postingan Populer